Selamat datang di UPK SINDANG MAJALENGKA
SELAMAT DATANG DI MEDIA CENTER UPK DAPM SAUYUNAN KECAMATAN SINDANG KABUPATEN MAJALENGKA"- DARI OLEH UNTUK MASYARAKAT - MAJU BERSAMA KAMI

PELATIHAN KPMD KECAMATAN SINDANG

Sabtu, 17 September 20110 komentar


GAMBARAN UMUM

Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dibentuk pada dasarnya bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat untuk mengelola PNPM Mandiri Perdesaan pada setiap tahapan dari mulai bidang sarana prasarana, bidang pendidikan maupun bidang kesehatan, dan peguliran dana. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka perlu dilaksanakan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) , agar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara optimal.
Selain itu, permasalahan-permasalahan yang timbul di masing-masing desa semakin komplek dan untuk mengatasi permasalahan-permalahan tersebut tidak cukup hanya dengan peningkatan kapasitas pelaku tingkat kecamatan saja, tetapi juga memerlukan fasilitasi-fasilitasi pelaku tingkat desa diantaranya kapasitas dari Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD).
Berdasarkan hasil konsolidasi di tingkat kecamatan maka pelaksanaan pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) , Pesertanya terdiri dari 7 desa, yaitu ; Desa Sindang, Sangkanhurip, Garawastu, Pasirayu, Gunungkuning, Bayureja, dan Indrakila. Upaya peningkatan kapasitas masyarakat semacam ini tentunya menjadi kewajiban kita semua, tidak hanya program tetapi juga pemerintahan yang ada di daerah, untuk turut memperhatikan, dukungan, bantuan dan fasilitas agar upaya ini dapat dilakukan secara optimal.

LATAR BELAKANG PELATIHAN

Pelatihan bagi KPMD dimaksudkan untuk memberikan pembekalan dan peningkatan kemampuan serta ketrampilan KPMD dalam memfasilitasi masyarakat untuk mengelola PNPM Mandiri Perdesaan pada setiap tahapan.
Dalam rangka upaya untuk mempersiapkan pelaku-pelaku PNPM Mandiri Perdesaan di Tingkat Desa dan Tingkat Kecamatan supaya memiliki pemahaman terhadap peranan, tugas pokok dan fungsi dari Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) agar dapat mejamin keberlanjutan sistem pembangunan partisipatif, menjaga dan melestarikan hasil kegiatan, serta melestarikan kelembagaan UPK dan aset dana bergulir.

TUJUAN PELATIHAN
  1. meningkatkan kapasitas pelaku-pelaku PNPM Mandiri Perdesaan khusunya Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) sehingga dapat menjalankan peran, tugas dan fungsinya secara optimal.
  2. mengetahui dan memahami tentang latar belakang, tujuan, prinsip, kebijakan dan tahapan atau mekanisme PNPM Mandiri Perdesaan sebagai pengelolaan program pemberdayaan masyarakat yang integratif di tingkat desa.
  3. menguasai administrasi dan pelaporan yang diperlukan di tingkat desa. 4.mampu menyusun dan mempunyai rencana kerja untuk melakukan tugas dan tanggungjawabnya.
HASIL YANG DIHARAPKAN
  1. Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) sehingga dapat menjalankan peran, tugas dan fungsinya secara optimal.
  2. Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) memiliki atau meningkatkan pemahaman, kemampuan, dan keterampilan dalam mengelola dan mengawasi kegiatan, menggalang keswadayaan, kemandirian, dan kerjasama untuk mendukung pelaksanaan dan pelestarian hasil/kegiatan PNPM.

Share this article :
 
Copyright © 2011. UPK DAPM SINDANG MAJALENGKA - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger