Selamat datang di UPK SINDANG MAJALENGKA
SELAMAT DATANG DI MEDIA CENTER UPK DAPM SAUYUNAN KECAMATAN SINDANG KABUPATEN MAJALENGKA"- DARI OLEH UNTUK MASYARAKAT - MAJU BERSAMA KAMI

Bupati Kirimkan Surat Edaran Penetapan UMK Kepada 640 Perusahaan

Minggu, 30 Desember 20120 komentar


MAJALENGKAKAB.GO.ID - Berdasarkan SK Gubenur Jawa Barat Nomor 561/Kep.1450-Bangsos/2012 tertanggal 21 November 2012 tentang upah minimum Kabupaten Majalengka yang ditetapkan sebesar Rp. 850.000,-. Bupati Majalengka H. Sutrisno mengeluarkan surat edaran nomor 561/1990/2012 tertanggal 17 Desember 2012 kepada 640 perusahaan yang ada di Kabupaten Majalengka agar mematuhinya.
Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Majalengka H. Eman Suherman didampingi Kabid Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Pengawasan Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Wahyudin Senin (17/12).UMK yang akan berlaku per 1 Januari 2013 ini.


Sedangkan upah minimum kabupaten untuk kelompok usaha (UMKU) menurut Wahyudin ditetapkan sebesar Rp. 910.000,-. UMKU tersebut berlaku untuk jenis usaha perkebunan, perdagangan besar retail, distributor berskala nasional, energy, pertambangan, listrik dan air, makanan dan minuman berskala nasional, jasa pos, jasa kesehatan dan apotek, jasa konstruksi gedung dan bangunan sipil, industry komponen suku cadang bermotor, industry metal dan beton, perbankan dan asuransi, jasa keuangan berskala nasional dan industry rokok berskala nasional.
“Sampai saat ini belum ada yang keberatan baik dari pihak pengusaha maupun serikat pekerja, karena kami telah jauh-jauh hari mensosialisasikan melalui pengawas, Apindo, Kadin, SPSI dan media massa baik cetak maupun elektronik,” jelasnya.
Dalam surat edaran tersebut, menurut Wahyudin ditekankan bahwa UMK adalah upah bulanan terendah yang diterima pekerja terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap. UMK berlaku bagi pekerja yang mempunyai masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun.
“Peninjauan besarnya upah pekerja dengan masa kerja lebih dari satu tahun dilakukan atas kesepakatan tertulis antara pekerja atau serikat pekerja dengan pengusaha. Bagi perusahaan yang telah memberikan upah lebih tinggi dari ketentuan UMK tahun 2013 tidak dibenarkan untuk mengurangi atau menurunkan upaha pekerjanya,” tegasnya.
Sedangkan bagi pekerja yang menerima upah lebih tinggi dari ketentuan UMK tahun 2013, menurut Wahyudin maka dalam peninjauan upah dilakukan dengan cara intern di perusahaan dan atau sebagaimana diatur dalam perjanjian kerja (PK), peraturan perusahaan (PP) atau perjanjian kerja bersama (PKB).
Lebih lanjut, Wahyudin memaparkan bahwa bagi perusahaan yang tidak mampu melaksanakan ketentuan UMK tahun 2013 dapat mengajukan penangguhan UMK kepada Gubernur Jawa Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Jawa Barat paling lambat 10 (sepuluh) hari sebelum berlakunya UMK yaitu 1 Januari 2013.
“Selama permohonan penangguhan masih dalam proses penyelesaian, perusahaan yang bersangkutan membayar upah yang biasa diterima pekerja, namun apabila ditolak pengusaha wajib membayar upah kepada pekerja sebesar UMK tahun 2013 terhitung 1 Januari 2013 dan apabila penangguhan disetujui pengusaha wajib membayar upah sesuai yang tercantum dalam persetujuan,” paparnya.
Edi (32) anggota Koperasi Warga BRI (Kowabri) ketika ditemui di Kantor Dinsosnakertrans Kabupaten Majalengka mengaku cukup puas dengan UMK dan UMKU Kabupaten Majalengka tahun 2013 yang ditetapkan sebesar Rp. 850.000,- dan Rp. 910.000,-.
“Karena kami kerja di perbankan maka yang berlaku untuk kami adalah UMKU sebesar Rp. 910.000,- ya cukuplah untuk biaya hidup sebulan, katanya singkat.
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kab. Majalengka H. Budi Victoryadi melalui Direktur Eksekutif Kadin Herry Supriadi ketika dikonfirmasi mengenai adanya surat edaran Bupati kepada 640 perusahaan tentang penetapan UMK dan UMKU mengatakan itu merupakan langkah yang positif.
“Selama hal tersebut tidak membebani perusahaan secara menyeluruh dan pemerintah bisa menjamin kenyamanan dalam berusaha sesuai ketentuan yang berlaku, hal tersebut langkah yang positif,” ujarnya.
Share this article :
 
Copyright © 2011. UPK DAPM SINDANG MAJALENGKA - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger