Selamat datang di UPK SINDANG MAJALENGKA
SELAMAT DATANG DI MEDIA CENTER UPK DAPM SAUYUNAN KECAMATAN SINDANG KABUPATEN MAJALENGKA"- DARI OLEH UNTUK MASYARAKAT - MAJU BERSAMA KAMI

CIRI SABUMI CARA SADESA

Minggu, 30 Desember 20120 komentar


“Hajat Muka Tanah”
Oleh: Ojen Rojaedi (KPMD Desa Sindang)

Bersyukurlah...Ketika kita mendapatkan sesuatu yang diinginkan, sudah sepatutnya kita bersyukur atas semua itu. Sebagai sebuah ungkapan rasa terima kasih, bersyukur merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh umat islam dalam meneladani kehidupan ini. Berbagai cara yang dilakukan oleh manusia dalam mengungkapkan rasa syukurnya, ada yang dilakukan sendiri dan ada pula yang dilakukan bersama-sama.
Dalam mengungkapkan rasa syukur ada berbagai hal yang dapat kita temukan, seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sindang, mengungkapkan rasa syukur melalui sebuah tata cara adat istiadat yang merupakan Ciri Sabumi Cara Sadesa yang ada di masyarakat. Mereka mengungkapkan rasa syukurnya dengan melakukan Do’a bersama yang kemudian dilanjutkan dengan makan bersama. Hal itu sudah menjadi kebiasaan yang ada di masyarakat, terlepas dari apa pun yang disyukuri, pada dasarnya apa yang dilakukan tidak menyimpang dari pegangan hidup ataupun agama yang dianut yaitu Agama Islam.

Pembangunan sarana prasarana PNPM-MPd pun tidak terkecuali. Pekerjaan tidak akan berjalan apabila acara adat istiadat tersebut belum dilakukan. Terakhir, hal yang sama juga dilakukan ketika akan memulai pembangunan Kios Desa yang didanai dari Program Desa Mandiri, masyarakat mengadakan acara “Hajat Muka Tanah” (dalam ejaan bahasa Sunda), yaitu berdo’a bersama ditempat yang akan dibangun, mengundang tokoh-tokoh masyarakat setempat dengan dihadiri oleh warga masyarakat dan seluruh pekerja yang akan membuat bangunan tersebut. Dipimpin oleh Kepala Desa dan di bimbing oleh tokoh agama dalam membacakan do’a-do’a untuk keselamatan dan shalawat-shalawat nabi sebagai bentuk keimanan pada Rasul-Nya. Kemudian, tidak lupa mengucapkan beberapa kalimat sebagai permohonan izin untuk membuat bangunan di tanah tersebut. Dalam hal ini, ditujukan kepada seluruh yang ada di tanah tersebut baik yang terlihat maupun tidak terlihat.

Hal ini merupakan penjabaran salah satu rukun iman yaitu iman kepada yang Ghoib.  Setelah itu seluruh yang hadir menikmati hidangan yang telah disediakan. Barulah para pekerja memulai pekerjaannya. Kalau kita perhatikan, ada berbagai hal yang dapat kita temukan, selain sebuah ungkapan rasa syukur, terdapat juga unsur-unsur kebersamaan, keimanan, adab sopan santun, kesamaan hak, kepedulian, yang kesemuanya itu menjadi satu dalam sebuah acara yaitu “Hajat Muka Tanah” sebagai Ciri Sabumi Cara Sadesa yang ada di Desa Sindang, dalam bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT. Amin ya robbal alamin.

Sumber : http://sindang.desamembangun.or.id
Share this article :
 
Copyright © 2011. UPK DAPM SINDANG MAJALENGKA - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger