Selamat datang di UPK SINDANG MAJALENGKA
SELAMAT DATANG DI MEDIA CENTER UPK DAPM SAUYUNAN KECAMATAN SINDANG KABUPATEN MAJALENGKA"- DARI OLEH UNTUK MASYARAKAT - MAJU BERSAMA KAMI

Lokakarya Gerakan Desa Membangun Desa Tidak Boleh Ketinggalan IT

Minggu, 30 Desember 20120 komentar


GDM Majalengka
GARAWASTU-SINDANG-MAJALENGKAKAB.GO.ID.- Desa tidak boleh ketinggalan informasi dan tekonologi (IT) karena di era globalisasi ini penguasaan informasi dan teknologi mutlak harus dikuasai bukan hanya sebagai gaya hidup namun sudah menjadi kebutuhan.
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kab. Majalengka Aeron Randi melalui Kabid Komunikasi dan Informatika Wawan Kurniawan ketika membuka lokakarya gerakan desa membangun (GDM) di Desa Garawastu Kec. Sindang Kab. Majalengka, Sabtu (24/11).“Dengan informasi dan teknologi terutama dengan internet akan lebih memudahkan komunikasi dan bisa mengakses berbagai macam informasi dari berbagai belahan dunia sehingga meskipun tinggal di Desa kita tidak akan ketinggalan,” kata Wawan

Untuk itu Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Majalengka siap mensupport berbagai kebutuhan pengembangan IT ke desa-desa, termasuk internet masuk desa sesuai program Kementerian Kominfo,” jelasnya.
Saat ini menurut Wawan, Dishubkominfo Kab. Majalengka sedang menyusun konsep bersama SKPD-SKP terkait tentang pelayanan public seperti DPKAD, BPPTPM yang bisa dilakukan dari seluruh desa dan kelurahan di Kab. Majalengka dan siap membagikan perangkat computer dan modem ke 337 desa dan kelurahan dan akan segera memasang perangkat lunaknya yang akan dipasang awal Desember 2012.
“Dengan seluruh desa/kelurahan sudah terkoneksi internet nantinya warga desa yang akan membayar SPPT PBB atau membayar listrik dan membayar cicilan ke kantor pos atau ke bank tidak harus pergi ke kecamatan atau Ibukota Kabupaten tapi bisa melalui internet yang operatornya di setiap desa akan kami berikan pelatihan terlebih dahulu,” jelasnya.
Camat Sindang Ateng merasa bangga dengan adanya tiga desa di Kecamatan Sindang yang dijadikan pilot project gerakan desa membangun (GDM) di bidang IT yaitu desa Garawastu.
“Saat ini di kecamatan Sindang selain desa Garawastu ada dua desa lagi yang sudah terkoneksi dengan internet yaitu Desa pasirayu dan desa Sindang, semoga ke depan bisa seluruhnya dan diikuti oleh desa-desa lainya di Kabupaten Majalengka,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Desa Garawastu Wahyudin, mengatakan gerakan desa membangun (GDM) dan adanya ruang belajar masyarakat (RBM) bekerjasama dengan Dishubkominfo adalah agar Desa tidak ketinggalan dalam informasi dan teknologi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya dan kualitas pendidikan warga.
“Saat ini kami sudah mempunyai website sendiri yaitu garawastu.desamembangun.or.id yang berisi informasi kegiatan-kegiatan dan potensi-potensi desa yang diharapkan sebagai akselerasi untuk mewujudkan kesinambungan pembangunan Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Desa dan mewujudkan kehidupan masyarakat yang rukun, tertib, aman, nyaman dan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” paparnya.
Acara yang diikuti oleh para kepala desa dari tiga provinsi di pulau Jawa yaitu dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur seyogyanya akan dihadiri oleh anggota komisi X DPR RI Budiman Sudjatmiko yang akan melakukan sosialisasi tentang RUU Desa yang sedang digodok oleh DPR RI namun yang bersangkutan ada acara mendadak ke Taiwan.
Share this article :
 
Copyright © 2011. UPK DAPM SINDANG MAJALENGKA - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger