Selamat datang di UPK SINDANG MAJALENGKA
SELAMAT DATANG DI MEDIA CENTER UPK DAPM SAUYUNAN KECAMATAN SINDANG KABUPATEN MAJALENGKA"- DARI OLEH UNTUK MASYARAKAT - MAJU BERSAMA KAMI

Kelembagaan PNPM Mandiri Harus Berbadan Hukum

Senin, 01 April 20130 komentar


Metrotvnews.com, Jakarta:
Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan, seluruh kelembagaan partisipasif masyarakat yang dibentuk dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri harus berbadan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Saya akan menerbitkan edaran kepada seluruh menteri yang mengelola PNPM mandiri di bawah kementeriannya agar tahun ini 2013, kelembagaan partisipatif masyarakat yang dibentuk dalam PNPM Mandiri berbadan hukum,” kata Agung Laksono di Jakarta.


Untuk itu, tambah Agung, kelompok kerja pengendali PNPM Mandiri sedang menyiapkan pilihan-pilihan kelembagaan yang dapat diambil oleh kelompok masyarakat, untuk menjadikan kelembagaannya menjadi suatu badan hukum.

Dengan demikian, terbuka kemungkinan untuk mengembangkan kemitraan dengan lembaga formal lainnya seperti perbankan, koperasi dan lain sebagainya.

Kelembagaan partisipatif ini harus kita pelihara dan jaga serta kita perkuat menjadi salah satu pilar kelembagaan yang menopang terwujudnya masyarakat madani di Indonesia.

Sementara itu, pada acara Forum Komunikasi Unit Pengelola Forum Komunikasi Unit Pengelola Kegiatan (UPK) PNPM mandiri pedesaan di Surakarta beberapa hari yang lalu Agung mengatakan bahwa pemberdayaan masyarakat yang dibentuk di PNPM Mandiri harus mampu memberdayakan seluruh masyarakat miskin.

“Masyarakat kemudian diharapkan dapat dilatih dan diberdayakan sehingga mereka dinyatakan ‘lulus’ dari PNPM Mandiri,” katanya.

Artinya lulus, kata Agung adalah mereka dinyatakan berdaya dan mandiri. (Antara/Agt)
Share this article :
 
Copyright © 2011. UPK DAPM SINDANG MAJALENGKA - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger