Selamat datang di UPK SINDANG MAJALENGKA
SELAMAT DATANG DI MEDIA CENTER UPK DAPM SAUYUNAN KECAMATAN SINDANG KABUPATEN MAJALENGKA"- DARI OLEH UNTUK MASYARAKAT - MAJU BERSAMA KAMI

Majalengka Target Raih Adipura 2013

Senin, 08 April 20130 komentar




MAJALENGKAKAB.GO.ID.-
Setelah tidak menerima penghargaan Adipura di tahun 2011, Kabupaten Majalengka menargetkaan untuk bisa meraih penghargaan Adipura di tahun 2012-2013 untuk kategori kota kecil seperti yang diraih pada tahun 2010.
“Kondisi ekstrem Kabupaten Majalengka dalam bidang kebersihan dan lainnya saat ini sudah memenuhi passing grade untuk nilai fisik yaitu 74,01 yang sudah sesuai standar penilaian Adipura yang minimal 74,” ungkap Kepala Badan Pertamanan Lingkungan Hidup (BPLH) Kabupaten Majalengka H. Toto Sumianto, Senin (4/3).


Namun untuk memenangkan Adipura menurutnya perlu dilakukan upaya-upaya untuk mempertahankan nilai passing grade yang saat ini telah diperoleh diantaranya dengan melakukan penataan kota dan penataan ruang terbuka hijau.
“Diharapkan ada peningkatan partisipasi dari masyarakat dalam mewujudkan Majalengka yang bersih, sejuk dan asri agar Adipura bisa diraih,” ujar mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ini.
Selain itu pihaknya berharap agar setiap organisasi perangkat daerah (OPD) agar kembali menggalakan gerakan Jumat Bersih (Jumsih) sesuai dengan Peraturan Bupati nomor 36 tahun 2010 tentang Jumsih karena OPD-OPD pun termasuk titik pantau penilaian Adipura.
“Selain itu upaya kami untuk meraih Adipura diantaranya dengan melakukan penghijauan di taman-taman kota untuk menyerap polutan dan pengelolaan kebersihan dan persampahan dengan pengadaan alat sampah dan peningkatan kinerja petugas kebersihan,” ungkapnya.
Sementara Bupati Majalengka H. Sutrisno,SE,M.Si mengatakan bahwa anugrah Adipura bukan menjadi target atau tujuan yang ingin dicapai, yang penting menurutnya bagaimana membuat Kabupaten Majalengka bersih dan asri.
“Yang penting bagaimana rakyat Majalengka terbiasa dalam pola hidup bersih dan asri walaupun saya kecewa di tahun 2010 mendapat Adipura tetapi di tahun 2011 bernasib kurang baik dan mendapat kegagalan,” ungkapnya.
Dalam membuat Kabupaten Majalengka menjadi bersih dan asri, menurutnya Pemkab telah membuat berbagai kebijakan diantaranya membuat Perbup nomor 36 tahun 2010 tentang Jumsih, perbaikan jalan-jalan protokol seperti Jl. K.H. Abdul Halim dan membuat payung hukum tentang ruang terbuka hijau.
“Beberapa indicator sudah terpetakan diantaranya membuat Buku Putih Sanitasi dan menindaklanjutinya dengan program sanitasi dan pengelolaan sampah, mendorong tumbuhnya sekolah hijau dan melakukan penghijauan dengan bibit pohon gratis senilai Rp. 5,7 milyar,” ujar Bupati asal Ligung ini.
Share this article :
 
Copyright © 2011. UPK DAPM SINDANG MAJALENGKA - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger