Selamat datang di UPK SINDANG MAJALENGKA
SELAMAT DATANG DI MEDIA CENTER UPK DAPM SAUYUNAN KECAMATAN SINDANG KABUPATEN MAJALENGKA"- DARI OLEH UNTUK MASYARAKAT - MAJU BERSAMA KAMI

Perguliran Pinjaman dari UPK

Selasa, 07 Mei 20130 komentar





Pengertian kegiatan dana bergulir adalah kegiatan yang bersifat pinjaman dari UPK yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam bentuk pinjaman kegiatan Simpan Pinjam kelompok Perempuan dan Kegiatan Usaha Ekonomi Produktif yang disalurkan melalui kelompok-kelompok masyarakat
Mekanisme perguliran berbasis masyarakat, adalah seluruh proses kegiatan dilaksanakan, dilakukan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Keterlibatan masyarakat pada seluruh kegiatan dimulai dari penetapan pola ketentuan kegiatan dana bergulir, pengajuan pinjaman, pemeriksaan/verifikasi usulan sampai penetapan pendanaan.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah;
1. Memberikan kemudahan akses pendanaan permodalan
2. Pelestarian dan pengembangan yang sesuai dengan tujuan program
3. Meningkatkan kapasitas pengelolaan
4. Peningkatan pelayanan kepada RTM dalam memenuhi kebutuhan permodalan usaha melalui kelompok pemanfaat

Tahapan Pengelolaan Perguliran :
1. Tahap pengajuan usulan pinjaman kelompok
Pada prinsipnya proposal tersebut minimal dapat menjelaskan atau mengambarkan;
a. Kondisi kelompok,
b. Gambaran Usaha dan Rencana Pengembangan,
c. Perencanaan usaha minimal 1 tahun kedepan,
d. Perhitungan Rencana Kebutuhan Dana,
e. Proposal tersebut akan dilampiri data2 pendukung seperti misalkan surat keterangan, fotocopy KTP anggota, AD/ART kelompok, dan sebagainya tergantung dari kebutuhan

2. Tahap Evaluasi singkat atau verifikasi awal oleh UPK, 
Pada umumnya pemeriksaan dilakukan pada kelengkapan administrasi dan kesesuaian data. Kelengkapan data tersebut akan mempermudah tim verifikasi dalam melakukan pendalaman di lapangan, kemudian data dari kelompok-kelompok tersebut diserahkan kepada tim verifikasi untuk dilakukan pendalaman

3. Tahap pendalaman pada kunjungan lapangan oleh Tim Verifikasi, 
Tim ini akan memastikan bahwa pinjaman tersebut sesuai dengan peruntukannya, benar dan aman, kegiatan tersebut dilakukan dengan metode kunjungan langsung kepada kelompok, interview langsung dan melakukan sampling kunjungan ke anggota kelompok.

4. Pembahasan Rekomendasi,  
Setelah verifikasi lapangan selesai dilakukan tim kemudian melakukan analisa berdasarkan data-data yang didapat dari kunjungan kelompok calon penerima manfaat. Hasil tersebut didokumentasikan dan disimpulkan dalam sebuah rekomendasi kelayakan penerima manfaat (dilengkapi dengan Berita Acara hasil pembahasan Tim Verifikasi). Kemudian seluruh dokumen tersebut siap diserahkan kepada MAD Perguliran oleh Tim Pendanaan untuk mendapat keputusan penetapan pendanaan.

5. Pembahasan Akhir Pendanaan, 
Keputusan pendanaan dapat dilakukan oleh Tim yang telah ditetapkan oleh BKAD/MAD. Tim tersebut dapat berasal dari wakil masyarakat atau desa, dan dapat bertindak secara netral dan objective. Keputusan pendanaan dilakukan melalui musyawarah pembahasan penyampaian hasil rekomendasi oleh Tim Verifikasi, pembahasan akhir ini untuk mendaptkan masukan baik dari UPK dan kelembagaan pendukung yang lainnya. Setelah didapat kesepakatan, Tim akan melakukan perengkingan kelompok pemanfaat. Perengkingan dimaksudkan untuk menentukan daftar pendanaan, jika pada saat pendanaan tahap pertama tidak dapat mendanai seluruh kelompok penerima manfaat maka kelompok selanjutnya akan menunggu giliran berdasarkan rengking tersebut. Hasil perengkingan harus ditempelkan pada papan informasi.

6. Pembuatan Surat Penetapan, 
Setelah hasil pembahasan pendanaan telah dapat dituangkan dalam Berita acara pendanaan, maka diterbitkanlah Surat Penetapan Pendanaan oleh MAD/BKAD yang berisi nama-nama kelompok calon pemanfaat dan besaran dananya yang ditetapkan oleh Camat. Hasil penetapan kemudian ditempelkan pada papan informasi.

7. Pendanaan, 
Surat Penetapan Pendanaan yang disahkan oleh MAD/BKAD akan menjadi dasar bagi UPK untuk melakukan pendanaan kepada kelompok penerima manfaat. Pendanaanakan dilakukan berdasarkan rengking yang telah ditetapkan.

Share this article :
 
Copyright © 2011. UPK DAPM SINDANG MAJALENGKA - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger