Selamat datang di UPK SINDANG MAJALENGKA
SELAMAT DATANG DI MEDIA CENTER UPK DAPM SAUYUNAN KECAMATAN SINDANG KABUPATEN MAJALENGKA"- DARI OLEH UNTUK MASYARAKAT - MAJU BERSAMA KAMI

Marak Situ Cipanten

Minggu, 31 Agustus 20140 komentar

Gunungkuning,Sindang, Pesta rakyat masih dalam memriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 69, digelar Pesta rakyat dalam bentuk “MARAK PANTEN” di Desa Gunungkuning, Kecamatan Sindang Majalengka. Acara yang berlangsung pada tanggal, 31 Agustus 2014 tersebut di prakarsai oleh Bumdes Desa Gunungkuning.
Marak Panten kali ini berlangsung sangat meriah. Ratusan warga dari desa Gunungkuning dan Sekitarnya memadati Obyek Wisata Situ Cipanten untuk menikmati jalannya acara yang merupakan tradisi warga Desa Gunungkuning pada saat  memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 69.
Namun menurut warga  kegiatan ini kurang terkspose dan hanya berlangsung 2-3 tahun sekali. Pada saat berlangsungnya Marak Panten, Warga diperbolehkan memanen Ikan dengan menggunakan berbagai  teknik menangkap ikan tradisional, seperti dijala, dijaring, atau digogo ( ditangkap langsung dengan tangan).
Sejak pukul 08.00 Pagi, Warga dengan penuh semangat telah turun ke Situ dan mulai memanen ikan yang ditebar 2 tahun yang lalu, tidak hanya warga Desa Gunungkuning Kecamatan Sindang saja, namun warga dari Kecamatan Sukahaji dan Desa sekitar Kecamatan sindang pun ikut turut memeriahkan pesta rakyat ini.
Tidak hanya untuk memanen ikan saja acara Marak Panten juga dijadikan pula momen pembersihan Situ Cipanten lumpur-lumpur yang sudah mengendap, karena  Situ Cipanten tersebut adalah Sumber Mata air minum bagi  warga Desa Gunungkuning khususnya dan sumber mata air untuk Pertanian bagi  warga Kecamatan Sindang serta Warga Kecamatan Sukahaji Pada umumnya. 
(Doc. KPMD: Dien Asdoet)
Share this article :
 
Copyright © 2011. UPK DAPM SINDANG MAJALENGKA - All Rights Reserved

Distributed By Free Blogger Templates | Lyrics | Songs.pk | Download Ringtones | HD Wallpapers For Mobile

Proudly powered by Blogger